Senin, 09 April 2018

Kulit Bawang Merah Jangan Dibuang, Ini Rahasia Sehat yang Bisa Kamu Dapatkan

TrenLagi - Bawang merah termasuk salah satu kebutuhan pokok di dapur Anda, bukan? Sudah jelas, karena hampir semua masakan menggunakan bawang merah sebagai bumbu untuk menyedapkan masakan. Sebelum digunakan, pastilah Anda akan mengupas kulit bawang merah. Nah, dikemanakan kulit-kulit bawang merah itu, dibuang atau dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya? Kebanyakan orang akan langsung membuang kulit bawang merah karena dianggap sampah yang tidak berguna. Padahal kalau kamu tahu manfaatnya, pasti akan menyesal karena sudah mengabaikan kulit bawang merah. Ingin tahu informasi lebih lengkapnya, simak saja kelanjutan artikelnya ya! Meski Warnanya Putih, Namun Kunyit yang Satu Ini Berikan Khasiat Hebat Ini 
kulit bawang merah/paduwaras.com

Kandungan penting dalam bawang merah dan manfaatnya

Tahukah Anda, meski sering dianggap tak berguna dan banyak berakhir di tempat sampah, namun dalam kulit bawang merah terdapat kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan daging bawang bagian dalamnya. Hal ini diutarakan oleh Dr. Mehmet CengizOz yang merupakan ahli bedah kardio-toraks dan seorang profesor di Universitas Columbia. Meski Pahit, Tapi Biji Duku Memiliki Manfaat yang Menakjubkan
Selain itu, masih banyak keistimewaan kulit bawang lainnya, dari mulai : kaya akan kandungan senyawa yang bermanfaat menjaga tekanan darah agar selalu normal dan juga mencegah penyumbatan arteri. Disebutkan pula dalam studi lain yang dipublikasikan di jurnal Plant Foods for Human Nutrition , bahwa kulit bawang merupakan bahan alternative sumber serat alami yang bermanfaat untuk tubuh. Sama halnya daging bawang merah, ternayta dalam kulit bawang juga terkandung berbagai senyawa penting, seperti : fenolik, flavonoida dan kuersetin. Karena itulah tak mengherankan jika kulit bawang merah sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sisten kardiovaskular dari mulai mengatasi peradangan, penyumbatan arteri hingga mengurangi risiko penyakit kanker. Sungguh Tak Terduga, Ternyata Anggur Putih Berikan Manfaat Luar Biasa Ini 

Manfaat kulit bawang merah untuk kesehatan

Mengingat banyaknya kandungan gizi dalam kulit bawang merah diatas, maka pastilah banyak pula manfaat yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh. Agar lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat kulit bawang merah :

 Menurunkan tekanan darah tinggi

Dalam kulit bawnag merah terdapat kandungan zat quercetin yang membantu turunkan tekanan darah sehingga Anda terhindar dari penyakit hipertensi, jantung dan stroke.

Melancarkan sirkulasi darah

Selain menurunkan tekanan darah, zat quercetin juga bermanfaat melancarkan peredaran darah sehingga tubuh lebih sehat. Selain itu, kandungan tersebut juga melunturkan kadar kolesteol dalam darah yang menjadi sumper penyumbatan.

Meningkatkan system imunitas tubuh

Kandungan antioksidan dalam kulit bawang merah lebih tinggi dari dagingnya sehingga sangat membantu Anda menangkal radikal bebas yang merusak tubuh dengan cara meningkatkan system imunitas tubuh.

Mengatasi kram pada kaki

Bagi Anda yang sering mengalami kram dan nyeri pada kaki/telapak kaki, Anda bisa memanfaatkan air rebusan kulit bawang merah untuk merendam kaki.

Mengatasi peradangan

Dalam kulit bawang merah terdapat sifat anti inflamasi yang membantu mengatasi masalah peradangan dalam tubuh.

Mencegah dan mengobati kanker

Selain mengandung antioksidan tinggi, dalam kulit bawang merah juga terdapat kandungan zat yang memiliki sifat anti kanker sehingga ampuh membantu menurunkan risiko kanker.

Cara Menikmati kulit bawang merah

Bawang merah biasa digunakan menjadi bumbu penyedap, tapi untuk kulitnya bagaimanakah cara memanfaatkannya?  Anda bisa mencampurkan dalam bumbu masakan dengan cara menghaluskannya atau sebagai taburan untuk sup. Jika Anda ingin mencampurkan dalam minuman, Anda bisa menyeduhnya seperti teh tubruk atau bisa juga merebusnya bersama air, kemudian disaring dan diminum airnya. Meski begitu, pastikan pilih bawang merah yang organic agar bebas dari bahan kimia seperti pestisida dan lainnya. Jangan lupa pula untuk mencuci hingga bersih sebelum memanfaatkannya sebagai pengobatan.
Salah satu cara yang paling mudah dan sederhana menambahkan kulit bawang ke makanan kita adalah melalui seduhan.

tags : manfaat kulit bawang merah untuk tanaman, cara mengolah kulit bawang merah, cara mengolah kulit bawang merah untuk stroke, manfaat kulit bawang merah bagi tanaman, khasiat bawang merah untuk stroke, kandungan kulit bawang merah pdf, produk olahan pangan kulit bawang, sirup kulit bawang merah
Source : dirangkum dari beberapa sumber yang terpercaya
Load disqus comments

0 komentar