Rabu, 04 Juli 2018

Jempol Kaki Bengkak dan Sakit Karena Asam Urat, Ini Cara Mengatasinya

TrenLagi - Pernah mengalami Jempol kaki bengkak dan terasa nyeri secara tiba-tiba?  Membengkaknya persendian jempol kaki merupakan salah satu gejala penyakit asam urat. Hal ini umumnya terjadi pada malam hari dan baru dirasakan oleh penderita pada pagi setelah bangun tidur. Meski terlihat sepele, namun seseorang yang menderita penyakit ini akan kesulitan berjalan akibat rasa nyeri yang amat sangat. Sebenarnya asam urat tidak hanya menyerang persendian jempol kaki saja, tapi bisa juga menyerang sendi-sendi lain yang ada di ujung anggota badan, misalnya : lutut, siku, jari tangan, pergelangan kaki, telapak kaki tengah, dan lainnya.  Wajib Tahu! Ini Benda-Benda yang Ditakuti Ular Berbisa (Bawa Saat Berpetualang)
jempol kaki bengkak karena asam urat

Gejala yang dialami Saat Asam Urat Menyerang

Penderita asam urat akan mengalami nyeri secara tiba-tiba di persendian jempol kaki atau yang lainnya. Rasa nyeri tersebut akan berkembang lebih cepat dalam beberapa jam saja yang akan disertai pembengkakan, munculnya rasa panas dan warna kemerajan pada kulit yang melapisi persendian. Ternyata Begini Cara Mencerahkan Bekas Luka Gatal Menghitam, Dijamin Mulus Kembali

Apa sich penyebab Penyakit Asam Urat

Penyebab penyakit asam urat adalah akibat penumpukan adam urat dalam persendian. Asam urat sendiri merupakan limbah yang terbentuk dari penguraian zat purin yang terdapat dalam sel-sel tubuh. Sebagian besar asam urat dibuang melalui ginjal dalam bentuk urin dan sebagian lainnya melalui saluran pencernaan dalam bentuk tinja. Ketika proses pembuangan asam urat dari tubuh lebih kecil dari jumlah yang diproduksi, maka asam urat akan menumpuk dan menjadi Kristal tajam didalam sendi atau di sekeliling jaringan sendi. Bisa dibayangkan ketika kristal-kristal tajam tersebut masuk dalam ruang persendian dan mengganggu lapisan lunak sendi, maka akan sebabkan peradangan dan nyeri yang amat sangat.

Makanan yang Sebabkan Asam urat tinggi

Ada banyak faktor yang memicu naiknya kadar asam urat di dalam darah, salah satunya makanan tinggi purin. Apa sajakah makanan yang mengandung purin tinggi? Diantara makanan tersebut adalah : kuning telur, seafood (kerang, udang, kepiting, teri, ikan makarel), jerohan binatang (jantung, hati, ginjal), daging merah (sapi, kambing, dan kerbau). Selain itu, masih penyebab lain yang  menjadi salah satu penyebab menumpuknya asam urat, yakni : makanan/minuman manis (baik gula alami/gula buatan), minuman beralk0h0l, mengonsumsi obat-obatan tertentu (aspirin, niacin, obat diuretic, obat kemoterapi, dan lainnya)

Siapa saja yang Berisiko terkena Penyakit asam urat

Selain disebabkan oleh beberapa faktor yang disebutkan diatas, asam urat juga berisiko menyerang beberapa orang yang akan kami sebutkan,  yakni :
•    Genetik
Seseorang yang memiliki keluarga penderita penyakit asam urat, maka akan berisiko mengalami hal yang sama
•    Menderita penyakit tertentu
Penderita penyakit tertentu memiliki risiko tinggi terkena penyakit asam urat, yakni : penyakit diabetes, hipertensi, ginjal kronik, obesitas, osteoarthritis, psoriasis, dan sindrom metabolism.
•    Laki-laki
Diandingkan lelaki, wanita jauh lebih sedikit mengalami penyakit asam urat. Namun ketika menopause, risiko itu baru akan meningkat akibat dan wanita bisa jadi mulai mengalami penyakit asam urat.

Penyembuhan asam urat

Umumnya, serangan penyakit asam urat akan berlangsung dalam kurun waktu 3 hingga 10 hari. Ketika gejala mulai mereda dan bengkak mulai mengempis, maka kulit di sekitar persendiran akan bersisik, gatal hingga terkelupas. Setelah sembuh, apakah penderita bisa tenang dan merasa aman? Tentu saja tidak, karena pengobatan harus tetap dilakukan untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat yang jauh lebih parah dan berisiko menyebar ke persendian lainnya serta sebabkan kerusakan sendi secara permanen.

Pengobatan Penyakit Asam Urat

Ketika asam urat menyerang, segera lakukan pengobatan yang tepat. Jangan memijat sendi yang mengalami pembengkakan, tapi lakukan langkah senderhana berikut ini :
•    Istirahat yang cukup
•    Angkat tungkai dan hindarkan sendi yang bengkak dari benturan
•    Kompres sendi dengan kantong es selama 20 manit untuk membantu redakan nyeri
•    Segera minum obat yang diresepkan dokter

Tanaman Berkhasiat Turunkan Kadar Asam Urat

Ada beberapa tanaman di sekitar kita yang berkhasiat meredakan kaki sakit karena asam urat. Apa sajakah itu, simak informasinya berikut ini :

Kumis kucing

Daun kumis kucing mengandung kalium tinggi dan bersifat diuretik sehingga ampuh meluruhkan asam urat yang berlebih pada tubuh dan membuangnya melalui urin

Daun salam

Daun salam mengandung flavonoida dan zat penting lainnya seperti tanin, minyak atsiri yang ampuh menurunkan kolesterol sekaligus asam urat berlebih pada tubuh. Caranya cukup minum air rebusan daun salam.

Daun sambiloto

Daun sambiloto mengandung kalsium, kalium, dan masih banyak lagi zat lainnya yang berkhasiat menurunkan asam urat dalam tubuh.

Daun sirsak

Daun sirsak mengandung vitamin A dan C tinggi yang bermanfaat mengeluarkan racun tubuh termasuk asam urat.

Jahe

Jahe mengandung khasiat penyembuh, termasuk meredakan nyeri akibat asam urat. Selain itu, jahe juga ampuh meluruhkan tumpukan asam urat berlebih dalam tubuh

Daun seledri

Seledri mengandung banyak kandungan berkhasiat, dari mulai potasium, klorin, vitamin A, Vitamin B1, selenium, seng, asam lemak esensial, dan lainnya yang ampuh mengatasi nyeri sendi akibat asam urat dan meluruhkan kandungan asam urat yang berlebih dalam tubuh.
Semoga informasi yang disebutkan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
#AsamUrat #ObatAsamUrat #JempolKakiBengkak

Tags : gejala asam urat pada kaki, jempol kaki sakit saat ditekan, ciri ciri asam urat di kaki, kenali gejala asam urat dan obatnya, obat asam urat, penyebab asam urat, cara mengobati asam urat pada kaki, kumpulan jempol kaki sakit
Load disqus comments

0 komentar