Jumat, 02 Juni 2017

Sebelas Rahasia Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

TrenLagi - Ada banyak jenis sayuran, dan Brokoli termasuk satu sayuran yang layak disebut super food, karena kandungan nutrisinya yang sangat melimpah. Meski memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis sayuran lainnya, namun hal itu sangat sebanding dengan manfaat sehat yang Anda dapatkan. Tidak hanya mahal, ternyata Brokoli juga memiliki rasa yang tidak seenak sayuran jenis lainnya sehingga tak banyak orang yang meliriknya. Padahal kalau mereka tahu beragam keistimewaan Brokoli, dijamin mereka bakal rela mengonsumsinya setiap hari. Agar anak-anak mendapatkan manfaat dari sayuran Super food ini, kita bisa menyiasatinya dalam masakan, misalnya : mencampurkan dalam jus, pudding, baso, nugget atau yang lainnya. Delapan Makanan yang Efektif Melawan Demam Berdarah
 Penasaran, kira-kira apa sajakah manfaat sehat yang bisa kita dapatkan dari Brokoli? Agar lbih jelasnya, simak kelanjutan artikel yang berjudul Rahasia Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan, berikut ini : Tujuh Manfaat Sehat Mengonsumsi Mentimun Setiap Hari

Kandungan Gizi Brokoli

Brokoli mengandung beragam nutrisi penting, diantaranya : Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B9 (asam folat), Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin K, dan mineral penting, diantaranya : kalsium, zat besi, asam lemak Omega-3, natrium, kalium, fosfor, zinc serat, protein, magnesium, triptofan, dan kalsium. Selain itu, brokoli juga memiliki keistimewaan lain, yakni rendah kalori, rendah lemak, rendah sodium, dan tidak mengandung kolesterol.

Manfaat sehat yang bisa kita dapatkan dari Brokoli

Dengan rutin mengonsumsi brokoli, kita akan mendapatkan beragam manfaat sehat, dianatranya :

Menangkal bahaya radikal bebas

Brokoli sangat kaya antioksidan, seperti : karotenoid, lutein, flavonoida, beta-karoten, dan zeaxanthin yang sangat ampuh menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit serius.

Membersihkan racun dalam sistem pencernaan

Ingin memiliki pencernaan yang sehat? Konsumsi brokoli secara rutin, karena dapat membantu membersihkan racun(detoks) yang terdapat dalam sistem pencernaan, seperti : lambung dan usus.

Menjaga kadar Gula Darah

Kandungan serat alami dalam brokoli juga snagat bagus untuk membantu mengontrol kadar gula darah sehingga sangat direkomendasikan untuk meminimalisir risiko penyakit diabetes.

Melindungi kesehatan otak

Dalam brokoli terdapat kandungan Vitamin C, K dan juga asam lemak omega 3 yang bermanfaat meningkatkan  kecerdasan, daya ingat dan juga kesehatan otak secara keseluruhan.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

Kandungan nutrisi dalam brokoli sangatlah lengkap sehingga sangat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Diantara kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi ibu hamil, anatra lain : zat besi yang membantu mencegah anemia, kalsium penting untuk perkembangan janin, asam folat, omega3, kolin, Vitamin K, betakaroten dan lainnya sangat bermanfaat untuk otak janin dan juga ibu hamil.

Mengontrol kolesterol

Kandungan serat dalam brokoli sangat ampuh mengikat lemak jahat dan kolesterol dalam tubuh, sehingga sangat bagus untuk kesehatan jantung. Untuk mendapatkan manfaat sehat yang ini, pastikan jangan masak brokoli dengan minyak goreng.

Menjaga kesehatan mata

Brokoli sangat kaya Vitamin Ayang bermanfaat menjaga kesehatan mata. Selain itu, kandungan lutein dalam brokoli juga ampuh menjaga kerusakan mata karena factor usia maupun paparan sinar matahari.

Menguatkan Sistem Imun

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam brokoli sangat membantu menguatkan sistem imun sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Mengontrol Tekanan Darah

Brokoli mengandung potassium yang sangat membantu mengontrol tekanan darah. Jadi snagat baik untuk penderita penyakit hipertensi dan jantung.

Menjaga Kesehatan dan kecantikan Kulit

Brokoli mengandung kombinasi vitamin A, C dan E yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Mencegah Osteoporosis

Kandungan vitamin D, Vitamin K, kalsium, dan magnesium dalam brokoli sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan mengurangi risiko penyakit osteoporosis.
Alangkah besarnya manfaat yang bisa kita peroleh dari brokoli. Jika demikian, masihkah kita enggan mengonsumsinya?
Load disqus comments

0 komentar