Rabu, 06 Desember 2017

Manfaat Dan Kandungan Nutrisi Keong Sawah Serta Efek Sampingnya

TrenLagi - Keong sawah bisa dikonsumsi? Keong sawah mendadak jadi “In”gara-gara ada menteri yang membahasnya. Tahukah Anda jika ternyata di beberapa daerah, ada kudapan dari keong sawah yang diolah dengan bumbu tertentu sehingga memiliki rasa yang katanya sangat enak.  Keong sawah atau disebut Kreco atau Tutut ini biasanya diolah dengan bumbu serapah dan di jajakan di pedagang pinggir jalan hingga restoran bintang lima. Mungkin tak banyak yang tahu jika keong sawah ternyata memiliki kandungan nutrisi yang lumayan tinggi, diantaranya : protein, Vitamin A, Vitamin E, kalsium, rendah kolesterol, niacin, folat, energi, protein, karbohidrat, kalsium, phosfor, serta zat gizi makronutrien. Hati-Hati! Ini Akibat Terlalu Banyak Makan Mangga 
manfaat keong sawah/hobiternak.com

Manfaat keong sawah untuk kesehatan

Meski sering dianggap sepele, namun ternyata keong sawah bisa diolah menajdi aneka hidnagan lezat yang juga bermanfaat untuk kesehatan. Ingin tahu apa manfaatnya, simak informasinya berikut ini : Cegah Kanker Payudara Dengan Rutin Konsumsi 8 Makanan Ini

Menyehatkan tulang hingga jantung

Dalam keong sawah terdapat kandungn kalsium yang tak sekedar menyehatkan tulang, tapi juga bermanfaat menjaga kinerja jantung sehingga bisa bekerja normal, berdetak teratur dan memompa darah dengan lancar

Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan kalsium dalam keong sawah juga berperan sebagai antioksidan yang membantu perkuat daya tahan tubuh untuk menangkal radikal bebas dari luar tubuh yang membahayakan kesehatan.

Obat berbagai penyakit yang murah meriah

Keong sawah dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit, seperti : penyakit kuning, kolesterol, maag, diabetes, dan lainnya.

Mencegah penyakit osteoporosis

Kandungan kalsium dalam keong sawah bermnafaat menjaga kesehatan tulang serta mencegah penyakit tulang, seperti osteoporosis dan lainnya.

Efek Samping makan keong sawah

Meski mengandung gizi yang tinggi, namun kita tetap harus mewaspadainya, karena keong sawah suka tinggal di daerah berlumpur yang banyak bakterinya sehingga ketika kurang tepat pengolahannya bisa menyebabkan penyebaran penyakit akibat cacing, seperti : infeksi cacingan, meningitis, mual muntah, sakit perut, alergi, dan lainnya.

Tips Masak Keong Sawah yang benar dan sehat

Untuk menghindari bahaya akibat mengonsumsi keong sawah, berikut ini kami bagikan tips dan cara masak keong sawah agar aman dan sehat, yakni :
•    Buang kotorannya, yakni : bagian ekor keong dengan cara memotong bagian tersebut dna membuangnya sebelum dimasak.
•    Cuci bersih keong sawah agar tidak ada lumpur atau kotoran yang menempel
•    Masak keong sampai matang, jangan setengah matang karena berpotensi mengandung bakteri/cacing
Ternyata keong sawah yang biasanya disepelekan memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa bermanfaat untuk tubuh jika diolah dengan cara benar. Semoga informasi yang berjudul Manfaat Dan Kandungan Nutrisi Keong Sawah Serta Efek Sampingnya diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Tags : bahaya makan keong sawah, manfaat keong sawah bagi ibu hamil, manfaat tutut untuk liver, keong sawah halal atau haram, keong sawah yang beracun, manfaat keong racun, khasiat tutut bagi pria, bahaya makan keong mas
Load disqus comments

0 komentar