Sabtu, 26 Oktober 2019

Berat Badan Susah Turun? Ini 6 Tips Sederhana Kurangi Karbohidrat

Sudah rajin olahraga namun berat badan masih susah turun, jangan-jangan kamu kebanyakan mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat. Banyak yang menganggap bahwa karbohidratlah yang menjadi biang kerok penyebab kegemukan. Oleh karena itu, tak heran jika karbohidrat termasuk makanan yang dihindari saat menjalani diet untuk menguruskan tubuh. Meski berusaha keras, biasanya godaan akan terus menghantui seseorang untuk mengonsumsi karbohidrat, terutama makanan pokok kita sehari-hari, yakni nasi. Terlebih lagi ada prinsip “tidak bisa dikatakan makan sebelum makan nasi” sehingga seseorang merasa kurang bertenaga kalau belum makan nasi. 

Jika selama ini Anda merasa kesulitan untuk mengurangi karbohidrat saat diet, maka simak beberapa tips ampuh kurangi karbohidrat berikut ini :

Ganti sumber karbohidrat yang sehat

Banyak makanan sumber karbohidrat di sekitar kita, namun usahakan memilih karbohidrat yang lebih sehat untuk tubuh.  Sebisa mungkin hindari sumber karbohidrat yang buruk, seperti : makanan tinggi gula (biscuit, roti, cake, dan lainnya), makanan mengandung lemak jenuh (kripik, gorengan, dan lainnya. Sebagai gantinya, konsumsi sumber karbohidrat yang sehat, seperti : biji-bijian, buah, sayur dan umbi-umbian. Selain kaya nutrisi, karbohidrat sehat juga membantumu kenyang lebih lama.

Kurangi asupan gula

Minuman atau makanan manis memang bisa mengenyangkan dengan cepat, namun justru membuatmu lebih cepat lapar sehingga kamu akan ingin dan ingin lagi. Jika ini terjadi, maka kegemukan akan sulit dihindari lagi. Untuk itu, selain memilih sumber karbohidrat sehat, pastikan kurangi atau hindari asupan yang mengandung gula.

Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Menjaga asupan cairan tubuh dapat menghindarkan kita dari rasa lapar. Karena kadangkala rasa haus diartikan tubuh sebagai rasa lapar sehingga maunya makan. Nah, dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, maka kamu akan terhindar dari keinginan untuk makan karbo secara berlebihan.

Pilih cemilan yang tepat

Jika Anda suka ngemil, pastikan bijak memilih cemilan yang tepat. Meski cuma cemilan, namun jika over karbohidrat juga kurang baik efeknya bagi kesehatan tubuhmu. Ganti cemilan yang sehat dan mengenyangkan, misalnya oat, buah, biji-bijian dan lainnya.

Jangan biarkan dirimu terlalu lapar

Menahan diri untuk tidak makan terlalu lama akan membuatmu terlalu lapar sehingga tanpa sadar kamu akan makan lebih banyak untuk memuaskan laparmu. Untuk mengatasinya, biasakan makan sedikit tapi sering sehingga kamu terhindar dari terlalu lapar.

Jaga pola tidurmu dengan baik

Kurang tidur membuat seseorang mudah stress yang membuatmu merasa lapar berlebihan sehingga tak heran jika pelampiasannya pada makan/ngemil. Untuk itu, pastikan atur waktu tidurmu yang baik sehingga menghindarkanmu dari stress yang berakibat mengonsumsi makanan buruk.
Ternyata tidak mudah untuk mengurangi asupan karbohidrat saat diet. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
jelaskan makanan yang mengandung karbohidrat
makanan yang mengandung karbohidrat dan protein
makanan yang tidak mengandung karbohidrat dan kalori
makanan karbohidrat yang harus dihindari saat diet
contoh makanan karbohidrat kompleks dan sederhana
makanan yg tinggi karbohidrat dan gula
makanan yang mengandung karbohidrat yang bikin gemuk
makanan yang mengandung karbohidrat untuk anak
Load disqus comments

0 komentar