Senin, 18 Februari 2019

Wajib Tahu! Ini Bahaya Kandungan Produk Kosmetik yang Bikin Kulitmu Putih Mengkilap

Wanita mana sich yang tidak suka memiliki kulit putih cerah mengkilap? Banyaknya wanita yang memimpikan kulit cerah mengkilap membuat makin semakin banyak produk kosmetik bermunculan. Namun sebagai wanita cerdas, kita tentu harus waspada dan tidak mudah terkena bujuk rayu dari iklan produk-produk yang mengklaim mampu memutihkan dan mencerahkan kulit dengan instan. Apalagi saat ini banyak beredar produk-produk kosmetik palsu atau tidak berijin sehingga dampaknya sangat berbahaya buat kulit. Sudah habis produk ratusan ribu dengan harapan kepingin cantik, tapi yang ada kulit malah rusak dan menakutkan.
kandungan kosmetik berbahaya
Tidak mau mengalami kejadian mengerikan gara-gara produk kosmetik pemutih berbahyaa, bukan? Untuk itu, kenali kandungan produk kosmetik serta bahayanya, berikut ini :

Hidrokuinon

Hidrokuinon pasti sudah tidak asing lagi buat kita, karena biasa tercantum dalam produk-produk kosmetik, seperti cream perawatan malam/pagi/siang dan lainnya. Padahal kandungan tersebut sangat berbahaya jika terkena kulit secara terus menerus. Memang benar hidrokuinon membantu menangani kulit gelap pada lipatan-lipatan atau akibat bekas jerawat/flek hitam, namun penggunaan jangka panjang justru dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit kering, sensasi terbakar. Namun jika pemakaian produk kosmetik dengan hidrokuinon itu dengan adanya pendampingan dari dokter, maka tidak mengapa.

Merkuri

Merkuri membantu menghambat pembentukan melanin kulit, karena itu tak heran jika banyak digunakan pada produk pemutih, seperti sabun atau cream pencerah kulit. Padahal pemakaian merkuri dapat menyebabkan ruam, kulit tidak merata, bahkan risiko terburuk dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan gangguan psikologis, seperti : mudah cemas, depresi dna lainnya. Lebih parah lagi, produk kosmetik mengandung mercuri ini tidak aman bagi ibu hamil dan ibu menyusui karena dapat berisiko buruk pada janin dalam kandungan/bayi.

Asam Retinoat

Selain itu, ada kandungan lain dalam kosmetik, yakni : asam retinoat. Kandungan ini memang ampuh membantu membersihkan pori-pori, mengurangi bekas jerawat/bopeng, mencegah keriput, dan mengatasi jerawat. Akan tetapi, kandungan ini memiliki risiko pada kulit, diantaranya : iritasi, kulit kering, kulit kemerahan dan bengkak serta kulit lebih sensitive pada matahari. Pada ibu hamil dna menyusui, pastikan hindari penggunaan krim mengandung asam retinoat karena snagat berbahaya dapat sebabkan masalah serius pada janin.

Resorsinol

Resorsinol memang ampuh mengatasi kulit kasar dan bersisik, namun didalamnya terdapat efek samping yang mengerikan, yakni dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan, sesak nafas, kejang dan masalah apda detak jantung.
Mengerikan sekali, bukan? Untuk itulah, jangan pernah membeli produk kosmetik sembarangan. Jangan karena efek instan, lantas kesehatan Anda jadi taruhannya. Semoga bermanfaat yaa..

bahan berbahaya dalam kosmetik menurut bpom
daftar kosmetik berbahaya 2018
bahan kimia yang aman dalam kosmetik
daftar kosmetik berbahaya 2018 menurut bpom
70 kosmetik berbahaya menurut bpom
kosmetik online berbahaya
inilah daftar 27 merek kosmetik berbahaya
gambar kosmetik berbahaya
Load disqus comments

0 komentar