Selasa, 12 Februari 2019

Asam Urat Menyerang, Hindari 4 Jenis Makanan Ini Agar Tidak memburuk

Pernah mengalami nyeri atau sakit persendian akibat asam urat?  Asam urat tinggi memang mengganggu, karena dapat menyebabkan peradangan sendi sehingga siapapun pasti akan merasa kesakitan dibuatnya. Menjaga pola makan sehat dapat membantu mencegah asam urat, namun hal itu tidaklah mudah karena faktanya banyak makanan enak yang ternyata mengandung purin tinggi sehingga berpotensi menyebabkan asam urat. Jika terlanjur mengalami asam urat tinggi, mau tidak mau kita harus menghindari beberapa makanan pantangan agar kondisi menjadi lebih baik.
pantangan makanan asam urat

Kira-kira apa sajakah makanan pantangan saat asam urat menyerang? Agar tidak salah pilih makanan, simak beberapa makanan yang wajib dihindari saat asam urat tinggi, berikut ini :

Hindari makanan/minuman yang mengandung purin tinggi

Saat asam urat tinggi, pastikan hindari sumber makanan/minuman yang kaya purin, seperti : jerohan, kacang-kacangan, tahu, tempe, daging, seafood, dan lainnya.

Hindari makanan/minuman yang mengandung alkh0h0l

Ada beberapa jenis makanan/minuman yang wajib dihindari karena mengandung alkh0h0l dalam tubuh, misalnya : durian, nanas, nangka, minuman keras, dan lainnya

Hindari makanan manis

Makanan/minuman manis juga wajib dihindari saat asam urat tinggi karena dapat memperburuk kondisimu, misalnya : minuman bersoda, kopi, makanan manis dan lainnya.

Hindari Sayuran hijau

Sayuran hijau memang sehat, namun sayangnya tidka untuk penderita asam urat karena mengandung purin tinggi. Diantara jenis sayuran hijau yang wajib dihindari, antara lain : sayur daun singkong, bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong dan jamur 

Makanan Yang Disarankan Saat Asam Urat Tinggi

Hem, jadi bingung ya, lalu makanna apakah yang harus dikonsumsi saat asam urat tinggi? Pastinya makanan yang tak hanya sekedar mengenyangkan, tapi juga membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Apa sajakah makanan itu? Simak langsung informasinya, berikut ini :
1.    Air putih, karena tak hanya menghidrasi tubuh tapi juga membantu mengeluarkan racun berlebih dalam tubuh, termasuk asam urat.
2.    Buah cery, karena didalamnya mengandung zat anti peradangan anthocyanis yang membantu menurunkan kadar asam urat dan mencegah rasa sakit pada sendi.
3.    Makanan yang mengandung Vitamin C tinggi, karena ampuh mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk urin.
4.    Buah berry, karena memiliki sifat anti inflamasi tinggi sehingga ampuh mengurangi nyeri sendi.
5.    Jeruk nipis, karena kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis ampuh membantu melarutkan asam urat
6.    Apel, karena mengandung malic acid yang ampuh membantu menetralkan asam urat.
7.    Teh hijau, karena ampuh membantu mengontrol kadar asma urat tinggi dan menurunkan risiko kena asam urat
Sederhana banget khan? Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.
makanan untuk asam urat
anjuran makanan untuk penderita asam urat
pantangan asam urat dan kolesterol
pantangan makanan asam urat
buah pantangan asam urat
contoh makanan penurun asam urat
daftar makanan pantangan asam urat dan kolesterol
ikan yang boleh dimakan penderita asam urat
Load disqus comments

0 komentar