Kamis, 07 Februari 2019

Asam Urat Lagi Kambuh, Pastikan Lakukan 7 Hal Sederhana Agar Bebas Nyeri

Pernah merasa tersiksa gara-gara asam urat tinggi?  Penderita asam urat akan mengalami rasa sakit dan nyeri yang amat sangat saat kadar asam urat meningkat. Bagian yang seringkali dilanda nyeri adalah persendian, terutama jempol kaki. Meski yang nyeri hanya jempol kaki saja, namun Anda tidak bisa menyepelekannya karena kondisi ini bisa membuat seseorang kesakitan bahkan tidak bisa berjalan. Naiknya kadar asam urat bisa terjadi karena banyak hal, namun yang paling sering adalah akibat mengonsumsi makanan tertentu. 
asam urat tinggi

Bagi Anda yang tengah mengalami rasa sakit dan nyeri akibat asam urat tinggi, sebaiknya simak beberapa tips sederhana berikut ini :

1.    Banyak minum air putih

Minum air putih yang banyak sangat disarankan saat asam urat tinggi, karena dapat membantu mengeluarkan asam urat melalui urine.

2.    Pantau terus kadar asam urat

Pastikan Anda terus memantau kadar asam urat agar tahu dengan benar kondisi kesehatan Anda. Anda bisa pergi ke dokter atau menggunakan alat untuk mengecek sendiri kadar asam urat. Kondisi normal, asam urat dibawah 6 mg/dl untuk perempuan dan dibawah 7 mg/dl untuk laki-laki

3.    Olahraga Memang Sehat, Tapi Jangan Lakukan Jika...

Saat sehat lupa olahraga, tapi begitu sakit malah olahraga terlalu keras dengan harapan penyakit bisa sembuh dengan cepat. Olahraga memang penting dan bagus untuk membantu turunkan kadar asam urat. Olahraga juga membuat persendian terlatih dengan baik sehingga resiko asam urat tinggi bisa dicegah. Tapi Ingat!  Tidak ada yang instan di dunia ini, termasuk dalam hal menyembuhkan penyakit asam urat. Pastikan Anda bersabar ketika melakukan upaya penyembuhan asam urat.

4.    Jaga pola makan yang sehat

Selain menghindari makanan pantangan asam urat, pastikan Anda juga banyak mengonsumsi makanan yang berkhasiat membantu melunturkan asam urat, misalnya : buah berries, ceri, apel, teh hijau, makanna kaya vitamin C, makanan berserat, dan lainnya.

5.    Jaga berat badan

Menjaga berat badan sangat penting untuk mengurasi kadar asam urat dalam darah, karena obesitas termasuk factor resiko penyakit satu ini. Untuk menjaga berat badan, pastikan menjaga pola hidup sehat, dari mulai tidur yang cukup, jaga pola makan sehat, tidak stress, dan lainnya.

6.    Rutin minum obat dari dokter

Selain cara diatas, pastikan rutin control ke dokter untuk mengecek kondisi kesehatan Anda. Minumlah obat yang direkomendasikan dokter agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

7.    Hindari makanan pantangan asam urat

Saat asam urat tinggi, pastikan Anda benar-benar menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Jika perlu, hindari makanan tinggi purin yang berpotensi menyebabkan asam urat tinggi, seperti : jeroan, makanan laut, sayuran (jamur, kol, kacang-kacangan, bayam dan lainnya), makanan/minuman mengandung alkh*h*l (nanas, durian, rambutan, dan lain-lain), makanna mengandung gula, dan lainnya.
Hem, ternyata untuk sembuh dari penyakit asam urat memang perlu perjuangan ya! Alasan itulah mengapa kita harus menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit asam urat. Semoga informasi diatas dapat bermnafaat bagi kita semua.
Load disqus comments

0 komentar