Jumat, 04 Januari 2019

Banyak Orang Indonesia Terkena Diabetes, Waspadai 6 Penyebabnya Ini

Selain jantung, ternyata Diabetes juga termasuk salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang Indonesia. Diabetes atau yang ngetrend di sebut penyakit kencing manis merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah (glukosa). Penumpukan glukosa dalam darah akibat kurang sempurnanya proses penyerapan oleh sel tubuh dapat menyebabkan berbagai gangguan organ tubuh. Bahkan diabetes dapat menimbulkan komplikasi atau bahkan mengancam nyawa penderitanya jika tidak dikontrol dengan baik. Hem, mengerikan banget khan!  Selain disebabkan oleh factor keturunan, ternyata ada beberapa penyebab lain yang patut diwaspadai.
penyebab diabetes

Kira-kira apa sajakah penyebab banyak orang terkena diabetes? Simak langsung informasinya berikut ini :

1.    Tidak bisa lepas dari nasi

Banyak yang bilang kalau “makan sebanyak apapun, kalau nggak makan nasi, masih kurang kenyang.” Itulah yang harus diperbaiki, karena dalam proses pencernaan justru dapat meningkatkan asupan gula yang nantinya akan diubah menjadi gula darah. nasi termasuk sumber karbohidrat tinggi yang dapat menaikkan kadar gula darah. Selain nasi, ada banyak sumber karbohidrat lain yang lebih sehat dan pastinya membantu mencegah diabetes, seperti : gandum, nasi merah, jagung, dan lainnya.

2.    Suka yang manis-manis

Selain makan nasi yang tinggi karbohidrat, ternyata orang Indonesia juga hoby makan yang manis-manis, misalnya : ngopi/ngeteh yang manis, kue/cake manis, dan masih banyak yang lainnya. Manis memang menyenangkan, tapi ada efek mengerikan jika tidak dikontrol dengan bijak.

3.    Malas olahraga

Olahraga tak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga dapat membantu membakar kalori sehingga bagus untuk mencegah diabetes. Namun sayangnya, sebagian orang Indonesia malas melakukan olahraga secara rutin. Padahal mencegah khan lebih baik daripada mengobati, jadi olahraga secara rutinlah sebelum tubuhmu digerogoti penyakit. Jangan pas dinyatakan sakit saja baru memaksakan diri untuk olahraga.

4.    Kurang gerak

Sudah malas olahraga, masih juga malas gerak, bisa dibayangkan apa yang terjadi? Kebanyakan orang Indonesia lebih suka menghabiskan waktunya untuk duduk-duduk atau tiduran sambil memainkan gadget/nonton TV. Padahal kondisi ini kurang bagus untuk kesehatan loh… kurang gerak dapat memperlambat metabolism tubuh dan menyebabkan resistensi insulin.

5.    Tidak menjaga berat badan

"Gemuk tanda makmur dan bahagia", pepatah tersebut seringkali menjadi alasan sebagian orang indonesia sehingga tak mengherankan jika sebagian dari mereka acuh dengan berat badannya. Padahal kegemukan/obesitas merupakan salah satu faktor penyebab diabetes dan beberapa penyakit kardiovascular lainnya. Kegemukan atau berat badan berlebih dapat mencegah tubuh dalam merespon insulin dengan baik.

6.    Suka begadang

Banyak orang Indonesia, terutama remaja yang suka nongkrong hingga tengah malam atau begadang. Hal ini bisa dilihat dengan menjamurkan warung kopi yang selalu ramai setiap malam. Begadang membuta seseorang jadi kurang tidur, padahal tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kurang tidur tak hanya merusak ritme sirkadian tapi juga memicu perubahan hormon tubuh, termasuk insulin yang bertugas mengatur gula darah. Akibatnya beberapa penyakit, termasuk diabetes siap mengintai tubuh Anda.
Setelah mengetahui beberapa penyebabnya diatas, masihkah kita acuh dan tidak mau melakukan perubahan yang lebih sehat? Semoga bermanfaat yaa…
diabetes di indonesia 2018
diabetes indonesia 2018
data penderita diabetes di indonesia 2017
diabetes adalah
indonesia diabetes
buah buahan penyebab diabetes
makanan penyebab diabetes
Load disqus comments

0 komentar