Senin, 18 Mei 2015

3 Lokasi Gunung Merapi yang harus di waspadai oleh Pendaki

TrenLagi - Gunung Merapi, siapa yang tidak tahu gunung ini, kebesaran namanya menantang para pendaki untuk mendakinya. Setelah letusan terakhir beberapa tahun yang lalu, pendaki gunung merapi disarankan hanya sampai pada bas camp pasar bubrah saja, karena kondisi menuju puncak sangat rawan terhadap longsor.
Puncak merapi yang terkenal adalah Puncak Garuda atau disebut juga Puncak Tusuk gigi, puncak ini sangat berbahaya dan sebagaimana kita ketahui seorang pendaki Eri Yunanto terjatuh ke kawah setelah menaiki Puncak ini. Tapi tahukah anda bukan hanya Puncak Garuda aja yang sangat berbahaya bagi para pendaki, ada lokasi Gunung Merapi lain yang tidak kalah berbahayanya dengan puncak Garuda.  Berikut redaksi TrendLagi mencoba merangkumnya

1. Pasar Bubrah

pasar-bubrah-gunung-merapi
Pasar Bubrah Puncak gunung Merapi
Kenapa dinamakan pasar Bubrah, karena menurut cerita mistis warga sekitar dan beberapa pengalaman para pendaki di lokasi ini Pasar Dedemit (setan), pasar makhluk halus  ini dapat dilihat pada malam jumat saja selayaknya seperti pasar malam di alam manusia.  Wallahu A'lam. Hanya Allah yang tahu.
Tapi yang membuat berbahaya tempat ini bukan pasar setannya ini bagi para pendaki, tapi longsoran batuan dan pasir dari puncak merapilah yang membuat berbahaya tempat ini. anehnya justru tempat ini dijadikan Base Camp oleh para pendaki sebelum mereka melanjutkan perjalanan menuju puncak merapi. Beberapa bulan yang lalu ada 2 mahasiswa yang lagi besitirahat di pasar bubrah ini tertimpa longsoran batu dan pasir dari puncak merapi, tetapi beruntung keduanya selamat.

2. Jalur Pasar Bubrah ke Puncak Merapi


jalur-pasar-bubrah-puncak-merapi
Jalur Pasar Bubrah Puncak Merapi
Bisa dikatakan jalur ini adalah Jalur maut, Kondisi jalur yang terjal dengan batuan dan pasir yang mudah lonsor ditambah lagi dengan cuaca yang ekstrim tidak menentu dapat membuat pendaki terperangkap dan jatuh terguling-guling di jalur ini.

3.  Puncak Garuda atau Puncak Tusuk Gigi
 
Puncak-Garuda
Puncak Garuda Gunung Merapi
Medan yang sangat curam dan terjal di Lokasi  tertinggi di Merapi ini. Selain itu juga, lokasi ini sempit dengan kondisi medan yang tidak stabil . Batuan dan pasir di puncak ini rawan akan longsor. 

Demikian rangkuman dari TrenLagi, tentang lokasi Gunung merapi yang ahrus diwaspadai semoga bisa bermanfaat bagi anda yang mempunyai Hobi Naik Gunung. Alam bisa bersahabat dan juga bisa menjadi musuh kita, tetap berhati hatilah dan jangan sombong dengan alam.
Load disqus comments

0 komentar