Minggu, 17 Mei 2015

Ingin Hidup Tanpa Sakit, Yuk ikuti Cara ini!

TrenLagi - Manusia mana yang ingin hidup sehat tanpa dilanda suatu penyakit. berbagai macam cara mereka lakukan agar tetap sehat, begitu banyak uang yang digelontorkan untuk mendapatkan kata Sehat ini. Mereka lupa akan suatu hal, mereka tidak ingat ada seorang manusia yang selama hidupnya tidak mengalami sakit, waluapun sakit itu bukan karena dari faktor tubuhnya melainkan faktor orang yang berusaha menyakitinya dan selain itu juga sakit karena maut akan menjemputnya, Siapakah dia? 


Hidup sehat
Gambar Ilustrasi hidup Sehat

Dia adalah Muhammad SAW, Tahukah anda ? Bahwa seumur hidupnya, Muhammad SAW hanya pernah mengalami  dua kali sakit yang pertama, ketika diracun oleh seorang perempuan Yahudi yang menghidangkan makanan kepada Rasulullah saw di Madinah dan yang kedua, ketika menjelang wafatnya.

Sejarah telah berbicara Muhammad dianggkat menjadi Rasul saat umur 40 tahun dan saat dimadinah umur beliau sekitar 50 tahun, beliau memimpin benyak peperangan, coba bandingkan dengan zaman sekarang, orang berumur 50 tahun keatas adakah yang sekuat beliau?

Apakah Rahasia Hidup sehat Ala Muhammad SAW, apakah anda ingin tau? yuk simak!

Sebelum Subuh Bangunlah!
Rasulullah mengawali asupan tubuhnya dengan udara segar pada waktu menjelang subuh.  Udara sepertiga malam terakhir sungguh kaya akan oksigen dan belum terkontaminasi oleh polusi udara, begitu kata pakar kesehatan. sehingga waktu ini sangat berguna untuk mengoptimalkan metabolisme tubuh kita, yang pada akhirnya vitalitas tubuh akan kuat dalam beraktivitas selama sehari penuh. maka sangat dianjurkan sebelum subuh sehabis sholat malam untuk keluar rumah menghirup udara segar, lebih baik lagi sholat berjamaah shubuh. 2 hal yang akan kita dapat, ibadah dan kesehatan.

Mulut dan gigi jagalah kebersihannya
Rasul dalam menjaga kebersihan mulut dan giginya dengan menggunakan Kayu Siwak, Beliau membersihkannya setiap pagi.  kita ketahui bahwa organ tubuh ini sangat penting dalam proses pengolahan makanan, sehingga apabila organ ini terganggu maka proses konsumsi makanan akan terganggu juga

Minum Air dingin ditambah dengan Madu setiap pagi
dari sagi medis Madu bermanfaat untuk menjaga agar lambung tetap bersih, usus-usus tetap aktif dan menyembuhkan sembelit, wasir serta peradangan.

Mengkonsumsi Kurma sebanyak 7 butir
Muhammad SAW mengkonsumsi kurma ajwa’ (matang) ini pada waktu pagi menjelang siang, tepatnya waktu dhuha.  sebagaimana sabda beliau : “Barang siapa yang makan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun”.

Makanlah roti dengan Cuka dan minyak zaitun
manfaat makan roti dicampur dengan cuka dan minyak zaitun adalah menghancurkan kolesterol, melancarkan sembelit, mencegah pengkeroposan tulang dan satu lagi ayaitu mencegah kepikunan dihari tua.  disampiang itu juga Cuka dicampur minyak zaitun berguna untuk mencegah kanker dan menjaga suhu tubuh agar tetap hangat di musim dingin.

Konsumsi sayuran
Sayuran adalah menu utama Muhammad SAW pada malam hari. Sayuran memiliki manfaat yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari serangan penyakit.

Sebelum tidur malam Jangan Makan
Rasulullah saw bersabda,” Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan karena dapat membuat hati kalian menjadi keras”. (HR Abu Nu’aim dari Aisyar r.a).

Olahraga
Muhammad SAW menyempatkan untuk berolah raga dengan kelaurganya salah satu contohnya adalah pernah beliau melakukan lomba lari bersama istrinya Aisyah ra

Jangan Begadang!
beliau sangat tidak suka pada orang yang begadang, beliau tidak menyukai mengobrol dan makan sehabis iysa' maka kebiasaan beliau setelah sholat isya adalah langsung istirahat untuk menyegarkan tubuhnya dan persiapan untuk sholat malam.  karena tubuh punya hak untuk istirahat.

Makan dan Minum dengan duduk
Dari Anas dan Qatadah, Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata:”Bagaimana dengan makan?” beliau menjawab: “Itu kebih buruk lagi”. (HR. Muslim dan Turmidzi)
Alasan medis mengapa ada larangan minum sambil berdiri bisa anda temukan disini

Mudah bukan Cara agar Hidup Sehat tanpa Sakit, contohlah Rasul!


Load disqus comments

0 komentar