Kamis, 20 September 2018

Jangan Sepelekan! Ini Bahaya Lemak Trans Bagi Kesehatanmu Dan tips Menghindarinya

TrenLagi - Menjaga pola makan sehat harus dilakukan, apalagi saat ini banyak penyakit berbahaya yang siap mengancam, dari mulai obesitas, jantung, hipertensi, dan masih banyak yang lainnya. Menghindari lemak merupakan salah satu yang dianjurkan, terutama lemak trans. Mungkin tak semua orang tahu, kenapa harus menghindari lemak trans? Lemak trans atau lemak fat merupakan jenis lemak yang paling buruk untuk dikonsumsi. Lemak trans sendiri bisa terbentuk ketika cairan minyak menjadi lemak padat. Lemak trans ada dua jenis, diantaranya lemak trans fat alami (yang dihasilkan oleh hewan, misalnya : susu, dan produk daging) dan trans fat buatan atau asam lemak trans yang dihasilkan dari proses industry. Makanan yang mengandung lemak trans wajib dihindari, karena sangat berbahaya untuk kesehatan. Diantara efek buruk dari makanan mengandung lemak trans untuk kesehatan tubuh, antara lain : Penting! Hindari 9 Makanan Ini Saat Menstruasi
makanna mengandung lemak trans/akubisasehat.wordpress.com

•    Meningkatkan kolesterol jahat/LDL

Makanan mengandung lemak trans dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jahat/LDL yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Cegah Noda Hitam Akibat Gigitan Nyamuk Dengan 8 Bahan Ini

•    Menurunkan kadar kolesterol baik di tubuh

Selain meningkatkan kolesterol jahat, lemak trans juga menurunkan kadar lemak baik di tubuh atau HDL sehingga tak hanya sebabkan penyakit jantung tapi juga diabetes tipe 2.

•    Sebabkan penyakit hipertensi dan stroke

Kolesterol tinggi menjadi salah satu penyebab munculnya gangguan kesehatan serius. Tak hanya penyakit jantung, tapi juga bisa meningkatkan risiko penyakit hipertensi dan juga stroke.

Beberapa Makanan yang Mengandung Lemak Trans

Mungkin tak semua dari Anda mengetahui apa sajakah makanan yang mengandung lemak trans? Lemak trans buatan dikenal sebagai minyak hidrogenasi parsial yang ditemukan dalam beberapa produk makanan. Untuk lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :

•    Makanan digoreng

Makanan yang diproses dengan teknik deep frying mengandung lemak trans tinggi, misalnya : kentang goreng, ayam goreng, donat dan lainnya.

•    Produk adonan yang didinginkan

Produk Adonan yang didinginkan juga mengandung lemak trans sehingga tak boleh dihindari, misalnya : biscuit kalengan, roti pizza beku, dan lainnya.

•    Krimer dan margarine

Krimer kopi dan juga margarin juga wajib diwaspadai karena mengandung minyak sayur yang terhidrogenasi parsial.

•    Makanan yang dipanggang

Makanan yang diolah dengan cara dipanggang juga mengandung minyak sayur yang terhidrogenisasi secara parsial. Adapun contoh makanan dipanggang, antara lain : kue kering, pai, biscuit, dan lainnya.

•    Cemilan

Bagi yang suka ngemil juga patut waspada karena banyak cemilan yang mengandung lemak trans, seperti : keripik jagung, keripik kentang, popcorn, dan lainnya.

Kalau Lemak Trans Bahaya, Kenapa Banyak Justru banyak digunakan?

Lemak trans buatan dibuat melalui proses hidrogenasi, dimana minyak sayuran diubah menjadi lemak padat dnegan cara menambahkan atom hydrogen. Lalu apa manfaat penggunaan lemak trans dalam makanan? Ternyata hidrogenasi membantu mengawetkan makanan dan member tekstur serta rasa yang sempurna pada makanan. Selain itu, penambahan lemak trans membuat minyak goreng bisa digunakan beberapa kali, karena tidka kotor.

Tips dan Cara Menghindari Lemak Trans

Setelah mengetahui bahaya lemak trans untuk kesehatan, pastilah Anda akan berusaha menghindarinya. Tapi tentu tak mudah mengingat banyaknya jenis makanan yang mengandung lemak trans. Agar lebih mudahnya, simak tips dan cara menghindari lemak trans, berikut ini :
•    Pilih makanan sehat bernutrisi, seperti : buah, sayur, gandum utuhm ikan, kacang-kacangan, dan unggas. Batasi daging merah, makanan terlalu manis dan lainnya.
•    Ganti minyak goreng dengan minyak yang tidak terhidrogenasi, seperti : olive oil, bunga matahari, dan canola.
•    Pilih makanan yang tidak diolah dengan minyak yang terhidrogenasi
•    Ganti mentega dengan margarin lembut atau jika perlu periksa kandungan 0g trans fat.
•     Hindari makanan digoreng dan manis, seperti : donat, cracker, pie, cakes dan lainnya.
Pemilihan makanan sehat akan membantu Anda lebih sehat dan pastinya lebih hemat karena tidak perlu bayar untuk berobat ke rumah sakit.
Load disqus comments

0 komentar