Minggu, 07 Oktober 2018

Suka Cemilan Pedas? Waspadai Bahayanya Bagi Kesehatanmu

TrenLagi - Suka makan yang pedas-pedas? Bagi pecinta makanan pedas, pastilah merasa kurang puas jika diminta menikmati makanan/cemilan yang biasa saja alias tidak pedas. Tak hanya makanan, bahkan saat ini ada banyak aneka cemilan yang dibuat dengan rasa pedas dari level rendah hingga tertinggi. Cemilan Pedas memang enak, apalagi jika dinikmati bersama teman-teman, dijamin bakal membuat siapapun ketagihan untuk terus nambah dan nambah. Makan cemilan pedas memang tidak berbahaya, tapi jika berlebihan tentu dapat menimbulkan efek kurang baik untuk kesehatan. Salah satu efek buruk dari cemilan pedas adalah dapat menggerogoti kantung empedu. Mungkin Anda heran, bagaimana bisa cemilan atau snack pedas bisa merusak kantong empedu?  Agar lebih jelasnya, simak penjelasan dalam artikel ini. Tubuh Kelebihan Garam, Kurangi Dengan 7 Cara Sederhana Ini
ilustrasi cemilan pedas
Tahukah Anda ternyata dalam cabai terdapat zat kimia yang bernama capsaicin, jika dikonsumsi berlebihan maka berpotensi memicu hormone endorphin (hormone pereda stress dan menyebab rasa bahagia). Makan pedas membuat seseorang merasa rileks dan tertantang untuk menikmati lagi dan lagi. Namun bagaimana dengan tubuh kita, apakah dia kuat mencerna makanan terlalu pedas dalam jangka waktu lama, terutama kantung empedu kita? Sepele, 7 Kebiasaan Ini Buat Kulit Indahmu Banyak Jerawat
Meski makanan pedas tidak membahayakan kantung empedu secara langsung, namun kandungan lemak yang tinggi dalam cemilan dapat menyebabkan peradangan pada kantung empedu. Hal ini terjadi ketika cemilan tinggi lemak mulai dicerna organ lambung, secara otomatis kantong empedu menghasilkan koleistokinin untuk membantu mencerna lemak. Jadi, semakin tinggi kandungan lemak dari cemilan yang dicerna, maka kantung empedu akan semakin sering berkontraksi untuk menghasilkan empedu dalam jumlah banyak. Hal inilah yang mengakibatkan peradangan pada kantong empedu atau bahkan meningkatkan risiko batu empedu. Gejala yang muncul ketika seseorang mengalami masalah pada kantung empedu, antara lain : rasa sakit di perut yang menusuk-nusuk disertai sensasi rasa panas  pada perut.

Tips aman menikmati makanan pedas

Sebenarnya makan pedas itu menyehatkan, asalkan tidak berlebihan. Nah, agar tidak merugikan kesehatan, simak tips makan pedas yang aman berikut ini :
•    Makan pedas boleh, asalkan tetap perhatikan asupan gizi harian
•    Makanan pedas yang aman dari segi gizi, komposisi dan juga kemasannya
•    Pastikan kondisi Anda sehat alais tidak memiliki penyakit yang berpantang makanan pedas (maag, GERD)
•    Jangan lupa makanan berserat
•    Perbanyak minum air putih
•    Pastikan cemilan pedas dari cabai asli, bukan bahan kimia berbahaya
•    Konsumsi makanan pedas yang sewajarnya, tidak perlu meladeni tantangan makanan super pedas
Hem, sudah tahu khan apa saja bahaya makan cemilan pedas terlalu sering. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

tags :
bahaya makaroni pedas
efek samping makan mie lidi.
bolehkah ibu hamil makan mie lidi
ibu hamil makan makaroni pedas
bahaya makanan pedas untuk rahim
bahaya makan pedas
kalori mie lidi
efek makan pedas bagi wanita
Load disqus comments

0 komentar