Kamis, 11 Oktober 2018

Tetap Tenang Saat Gempa Bumi, Ini Tips dan Persiapan yang Harus Dilakukan

TrenLagi - Siapa sich yang tidak merasa ngeri ketika mendengar kabar tentang gempa bumi?  Gempa bumi termasuk salah satu bencana alam yang seringkali terjadi di Indonesia dan juga beberapa Negara lain di dunia. Belum hilang ingatan kita akan bencana gempa di Lombok, kini menyusul gempa dahsyat di wilayah Palu, bahkan disertai tsunami dan likuifikasi. Bahkan saat ini gempa mulai merambat ke wilayah lainnya di Indonesia. Hal ini tentulah memicu kecemasan dan ketakutan tersendiri, terlebih jika Anda tinggal di daerah yang berpotensi mengalami gempa. Takut dan cemas memang normal, tapi kita tetap wajib waspada dan siap menghadapi jikalau gempa sampai menghampiri. Ingat, bencana gempa bumi bisa datang kapan saja tanpa kita sadari dan kita juga tidak mampu mencegahnya, tapi setidaknya kita bisa melakukan langkah antisipasi untuk meminimalisir dampaknya.Suka Cemilan Pedas? Waspadai Bahayanya Bagi Kesehatanmu
tips hadapi gempa bumi
Belajar dari beberapa pengalaman yang ada, disini kita akan membagikan beberapa tips dan persiapan apa sajakah yang harus dilakukan guna mengantisipasi bencana gempa bumi, yang diantaranya :Tubuh Kelebihan Garam, Kurangi Dengan 7 Cara Sederhana Ini

1.    Simpan semua dokumen penting

Dokumen penting termasuk satu hal yang wajib diselamatkan sejak dini, karena seringkali terlupa saat kepanikan melanda. Penyelamatan dokumen bisa dengan beberapa cara, misalnya : di scan kemudian disimpan dalam flasdisk/email, bisa juga dengan menyimpan dokumen asli dalam tas khusus.

2.    Catat nomor-nomor penting

Mencatat nomor-nomor penting sangat wajib diperlukan untuk mempermudah Anda menghubungi seseorang saat bencana. Bisa dibayangkan jika nomor tidak tersimpan, bisa jadi semuanya jadi terhambat.

3.    Siapkan cadangan makanan dan minuman

Makanan dan minuman termasuk hal penting yang wajib disiapkan dalam mengantisipasi bencana gempa bumi. Belajar dari pengalaman yang ada, betapa banyak korban gempa yang mengalami kesulitan makanan/minuman ketika wilayah kita diterjang bencana gempa bumi. Untuk itu, pastikan siapkan sejumlah bahan makanan siap saji dan juga minuman/cemilan untuk anak.

4.    Siapkan perlengkapan kotak P3K

Tak hanya makanan, karena kita juga butuh kotak P3K untuk mengantisipasi hal-hal buruk saat terjadinya bencana gempa bumi. Beberapa barang yang bisa disiapkan antara lain : plester, minyak kayu putih, masker, kacamata, dan obat-obatan lainnya.

5.    Barang sepele, tapi jangan sampai terlupa, karena bisa fatal akibatnya

Selain memeprsiapkan hal-hal yang disebutkan diatas, pastikan jangan lupa untuk menyiapkan beberapa barang yang sering dianggap sepele, namun justru fatal jika terlupa, antara lain : lampu portable, kipas portable, senter, charger, pakaian dalam, selimut, dan lainnya.

6.    Jika gempa terjadi, maka..

Jika gempa terjadi, tetaplah bersikap tenang. Carilah tempat berlindung yang aman (missal : dibawah meja) dan hindari tempat berbahaya, seperti dekat kaca, pilar, tiang, lemari dan lain-lain. Gunakan pelindung badan, seperti helm, bantal, papan, dan apapun yang bermanfaat melindungi Anda.
Beberapa tips diatas diharapkan dapat membantu Anda mempersiapkan diri jikalau sampai gempa menghampiri wilayah Anda. Semoga Allah selamatkan keluarga kita dari bencana yang mengerikan. Semoga bermanfaat!


 cara mengatasi gempa bumi

apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa

cara mengatasi gempa bumi brainly

cara menghindari gempa bumi

cara menghadapi tsunami

cara mencegah gempa bumi

cara penanggulangan gempa bumi
Load disqus comments

1 komentar: